Menu
PAGUYUBAN KELUARGA DJUWENI

Pentingnya Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Usia Dini

 Di dunia yang serba modern saat ini, moral merupakan suatu hal yang kurang diperhatikan bagi generasi muda, padahal, nilai moral sangat penting untuk kemajuan bangsa, pembentukan moral bisa ditempuh dengan pendidikan agama islam dari usia dini.


Pendidikan Agama Islam bagi anak usia dini adalah sarana untuk menyiapkan peserta didik dalam mememahami, mengenal, bertakwa, mengimani ajaran agama, mengamalkan akhlak mulia beragama Islam dari sumber utamanya yaitu kitab suci Alquran dan hadis, melalui kegiatan pengajaran, pembimbingan dan latihan serta penggunaan pengalaman. Jadi, pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak usia dini adalah proses interaksi dan pengenalan yang berlangsung antara pendidik dan peserta didik untuk memperoleh pengetahuan dan menghayati, meyakini dan mengamalkan ajaran agama Islam.

Dalam proses pembelajaran pendidik mempunyai peran yang sangat penting dalam menentukan kualitas dan kuantitas pembelajaran yang dilaksanakan, tenaga pendidik harus selalu menciptakan suasana yang kondusif dalam lingkungan pendidikan dan menjalankan tugasnya di dalam kelas dengan maksimal hingga mencapai pembelajaran yang efektif.

Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, pendidik tidak saja dituntut menguasai materi pelajaran, metode mengajar, media pengajaran atau sarana pembelajaran.Tetapi pendidik juga harus menciptakan situasi dan kondisi belajar mengajar yang kondusif dan bisa berjalan dengan baik sesuai perencanaan sehingga mencapai tujuan yang telah direncanakan.

Mengapa Pendidikan Agama Islam bagi anak usia dini itu penting ? hal ini disebabkan Pendidikan Agama Islam memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan pendidikan lain pada umumnya, Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan siswa dan siswi kepada Allah SWT. Pendidikan Agama islam ini memiliki tujuan yang sejalan dengan misi Islam yaitu mempertinggi nilai-nilai akhlak pada diri manusia sehingga mencapai akhlak mulia.

Keberhasilan Pendidikan Agama Islam bagi anak usia dini akan berdampak baik terhadap keberhasilan pendidikan nasional. Begitu juga sebaliknya keberhasilan pendidikan nasional secara masif membantu mencapaian pendidikan agama Islam, sebab itu keberadaan pendidikan agama Islam oleh pemerintah dijadikan mitra untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan bernegara.

Proses pembelajaran bisa dibilang merupakan suatu proses penyampaian ilmu pendidikan yang sangat penting terutama untuk mencapai tujuan pendidikan. Tidak ada hasil jika tidak adanya proses. Jadi, untuk menghasilkan peserta didik yang berhasil secara optimal dalam belajarnya maka diperlukan proses pembelajaran yang juga optimal.

Kesimpulan dari penulis adalah bahwa pendidikan anak usia dini sangat penting dalam menyiapkan peserta didik agar terbentuknya karakteristik umat muslim olah sebab itu pemerintah harus lebih giat lagi mempersiapkan lembaga-lembaga pendidikan agama bagi anak.



Tidak ada komentar